Suka Bepergian? Berikut Tips untuk Tetap Hemat Saat Traveling!

Sebats.com - Traveling sering menjadi solusi dari kepenatan yang dirasakan. Ketika lelah bekerja atau sedang dalam kondisi runyam karena beberapa masalah, traveling merupakan jalan terbaik untuk bisa mengembalikan keceriaan, mood serta semangat untuk terus berjuang. Namun, ketika mendengar kata traveling, maka hal yang tidak bisa dihindarkan adalah masalah keuangan. Ya, traveling tentu membutuhkan biaya, bukan?

Perlu dipahami bahwa traveling sebenarnya tidak harus mahal. Jika Anda merupakan seorang travel addict yang suka bepergian, tentu Anda akan menjadi seseorang yang sangat boros jika traveling harus mengeluarkan banyak uang. Buat Anda yang masih bingung bagaimana untuk tetap bisa hemat saat berlibur, berikut ada beberapa tips menarik yang bisa Anda lakukan. Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

hemat saat traveling

1. Tidak Perlu Bepergian Jauh

Memang, banyak orang yang memahami bahwa traveling harus bepergian ke tempat yang jauh di mana belum pernah dikunjungi. Jika mindset ini yang terbentuk, maka bisa dipastikan bahwa traveling akan menjadi lebih mahal dan membuat Anda lebih boros. Hal yang perlu dipahami adalah Anda sebenarnya hanya perlu sedikit kejelian untuk mencari spot traveling yang lebih dekat di sekitar tempat tinggal anda.

Hal ini cukup beralasan karena pada kenyataannya, sekarang sudah cukup banyak tempat wisata baru yang dibuka dan bisa saja hanya berjarak sekitar 50 km dari tempat tinggal. Dengan spot traveling yang tidak jauh, maka Anda bisa menghemat biaya untuk transportasi dan beberapa biaya lainnya.

2. Bijak Memilih Penginapan

Jika Anda ingin traveling ke suatu tempat selama beberapa hari, maka hal yang paling penting dilakukan adalah memilih penginapan. Tentu saja, penginapan menjadi hal penting untuk membuat traveling menjadi lebih menyenangkan karena Anda tidak perlu bingung untuk beristirahat. Tentu, ada cukup banyak pilihan penginapan yang bisa dipilih. Lantas, bagaimana cara memilih penginapan agar tetap hemat?

Memilih penginapan low budget merupakan solusi terbaik yang bisa dipilih. Dalam hal ini, jika Anda melakukan solo traveling, maka hostel dapat dipilih sebagai penginapan terbaik.

Memang, hostel memiliki kenyamanan yang tidak lebih baik daripada hotel. Namun, biaya menginap di hostel akan lebih murah daripada menginap di hotel. Tentu, hal ini akan membantu untuk menghemat pengeluaran selama traveling.

Jika Anda bepergian bersama dengan teman-teman, Anda bisa mencoba AirBnB. Ini adalah salah satu ide penginapan yang modern dan banyak digemari dewasa ini. Memilih AirBnB tentu saja lebih menguntungkan karena Anda bisa memilih penginapan yang luas untuk beberapa orang sesuai dengan budget yang dimiliki.

3. Jeli Memilih Transportasi

Pengeluaran terbesar dari traveling biasanya ada pada pengeluaran transportasi. Nah, dalam hal ini, Anda harus jeli dalam memilih transportasi yang hendak digunakan. Jika Anda hendak berlibur ke tempat yang relatif lebih dekat, maka menggunakan kendaraan pribadi dapat menjadi pilihan yang tepat.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi, selain Anda bisa berhemat dalam budget transportasi, Anda juga akan lebih bebas untuk pergi ke mana saja. Selain itu, jika Anda hendak mengadakan traveling jauh ke luar daerah, maka mendapatkan tiket yang murah adalah strategi yang jitu.

Cara mendapatkan tiket yang murah bisa dilakukan dengan melakukan pemesanan sekitar 3 bulan sebelum keberangkatan. Dengan waktu ini, kemungkinan mendapatkan tiket ekonomi dengan tarif yang lebih murah tentu akan lebih terbuka daripada membeli saat waktu tinggal 1 bulan atau bahkan 1 minggu sebelumnya.

4. Menghemat Konsumsi

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran selama traveling adalah hemat dalam hal konsumsi. Memang, ketika liburan, berwisata kuliner merupakan salah satu agenda yang menarik untuk dilakukan. Namun, penting bagi Anda untuk jeli memilih makanan demi menghemat budget selama traveling. Bagaimana cara untuk menghemat konsumsi ini?

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membawa bekal dari rumah. Anda bisa membawa beberapa snack dan air minum untuk mengurangi budget membeli makanan saat traveling.

Selain itu, ada baiknya Anda juga memilih makanan lokal yang anti mahal dibandingkan dengan membeli makanan modern di restoran. Selain akan memberikan sensasi yang berbeda, makanan lokal juga terbukti lebih hemat di kantong!

5. Membuat Rute Perjalanan

Agar traveling lebih berkesan dan teratur, membuat rute perjalanan adalah hal yang cukup penting. Dengan membuat rute perjalanan sebelum melakukan traveling, maka Anda bisa memperkirakan tempat mana saja yang hendak Anda kunjungi.

Selain itu, Anda juga bisa memilih tempat-tempat wisata yang low budget atau bahkan gratis. Dengan persiapan ini, maka Anda bisa membuat alokasi dana traveling untuk mendapatkan menu traveling yang lebih hemat.

Dengan beberapa poin di atas, tentu saja Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai bagaimana mengatur keuangan saat traveling. Traveling memang merupakan hal yang menyenangkan dengan berbagai manfaatnya. Namun, jangan jadikan traveling sebagai alasan yang membuat Anda boros dan pusing di kemudian hari karena keuangan terganggu. Semoga bermanfaat.
Terimakasih sudah baca Suka Bepergian? Berikut Tips untuk Tetap Hemat Saat Traveling! dengan Url https://www.sebats.com/2018/08/tips-tetap-hemat-saat-traveling.html

Related Posts

Suka Bepergian? Berikut Tips untuk Tetap Hemat Saat Traveling! -by 8/15/2018 08:49:00 AM
5/ 5stars