Langsung ke konten utama

Belajar Bahasa Inggris & Pengucapannya

Belajar Bahasa Inggris & Pengucapannya
Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang sangat dibutuhkan di era globalisasi sekarang ini, bahkan di Indonesia sekarang sudah ada kurikulum di sekolah mulai dari taman kanak-kanak sampai tingkat universitas. Terkadang kita yang belum bisa berbahasa inggris ketika melihat ada anak-anak jago banget ngomong pake bahasa inggris membuat iri sekaligus terpacu untuk terus belajar.

Belajar bahasa inggris harus diterapkan sejak dini dan jika kamu sudah berumur jangan malu untuk ikut kursus lagi karena dengan menguasai bahasa ini sangat membantu Anda yang ingin mengejar karir di perusahaan ternama apalagi perusahaan luar yang berekspansi ke Indonesia (PMA) serta jika ingin menjadi pembicara dalam seminar atau bisa juga kalo mau cari jodoh orang asing :)

Kunci bisa belajar bahasa inggris dengan cepat itu sebenarnya terletak di perbendaharaan kata (vocabulary) dan melatih bicara dengan bahasa inggris, jadi meskipun kamu jago dengan bahasa ini tapi jika jarang dipakai apalagi tidak pernah yah sulit juga, istilahnya lidah jadi kaku atau mungkin lupa. Grammar atau tata bahasa perlu juga tapi untuk melatih grammar tentu butuh melatih percakapan juga dan grammar bagian yang paling mudah dalam bahasa inggris, yang sulit itu pronunciation (pengucapan) dan hafal perbendaharaan yang banyak (vocabulary).

Untuk kamu yang sudah menguasai grammar tapi sulit untuk bicara bahasa inggris, kamu bisa melatih bahasa inggris sendiri atau dengan teman. Beberapa cara untuk belajar bahasa inggris dengan cepat adalah:

1. Melatih Bicara

Latih berbicara dengan bahasa inggris, tentunya kamu butuh teman yang sudah bisa berbahasa inggris atau paling tidak butuh seorang teman yang kepingin belajar bahasa inggris  juga. Jangan takut salah yang penting berani dulu

2. Adakan Game

Ada banyak game menarik dan seru yang bisa kamu terapkan untuk melatih berbahasa inggris, ajak teman untuk melakukan ini. Salah satu contoh game tersebut adalah bermain tebak kata atau benda, si pemberi pertanyaan menjelaskan dalam bahasa inggris apa benda atau kata yang dimaksud.

3. Nonton Film Barat

Nonton Film barat di televisi juga membantu kamu untuk cepat bisa berbicara memakai bahasa inggris. Cara ini sangat bagus untuk melatih pendengaran agar mengerti apa yang diucapkan orang dalam bahasa inggris. Biasanya film barat yang sudah tayang di TV sudah ada subtitlenya atau ada translate dalam bahasa Indonesia dalam bentuk teks dibagian bawah, usahakan jangan melihat terjemahaannya, boleh saja jika sesekali untuk memastikan maksudnya jika kamu baru mengenal kata tersebut.

4. Menulis Sendiri

Cobalah menulis beberapa kalimat atau bila perlu artikel dalam bahasa inggris, dan jika stuck bisa sesekali memakai google translate.

5. Melatih pengucapan (pronunciation)

Sebanyak apapun perbendaharaan kata atau vocabulary yang Anda miliki, jika pencupannya tidak tepat maka tentu tidak bagus dan orang akan bingung akan artinya karena dalam bahasa inggris ada banyak sekali kata-kata yang mirip pengucapannya. Untuk melatih ini kamu bisa memanfaatkan software dari microsoft namanya "Text-to-Speech" file nya sangat ringan dan mudah digunakan, kamu bisa download di laptop kamu serta didukung berbagai bahasa (kalau kamu pengen belajar bahasa asing lainnya juga). Setelah instalasi selesai, caranya cukup kamu ketikkan kata dalam bahasa inggris yang ingin kamu dengarkan cara pengucapannya.

Tool tersebut bisa kamu download di website resmi dari microsoft yaitu di https://support.office.com

Itu saja artikel kali ini, semoga cukup membantu.

Related Posts

close