Wisata Alam Danau Tempe Sengkang, Wajo Sulawesi Selatan

Kabupaten Wajo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, ibukotanya Sengkang sekitar 242 kilometer dari kota makassar dapat ditempuh sekitar 4 jam dengan menggunakan dengan menggunakan mobil. Di sebelah selatannya berbatasan langsung dengan kabupaten Sopeng dan kabupaten Bone. Danau Tempe terletak di bagian barat dari wilayah Wajo dan Danau ini merupakan penghasil terbesar ikan air tawar di provinsi Sulawesi Selatan. Penduduk sekitar memanfaatkan air untuk kebutuhan sehari-hari

Danau tempe sebagai salah satu daya tarik wisata alam unggulan termasyur di sulawesi selatan, setiap tahunnya telah banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dari berbagai negara maupun pelancong dari berbagai daerah ditanah air. Danau tempe ini diklaim sebagai penghasil ikan air tawar terbesar didunia dan uniknya di danau ini terdapat puluhan rumah terapung, jika berkunjung kesini Anda bisa berwisata menyusuri danau tempe.

Danau tempe ini terletak di kecamatan tempe sekitar 7 kilometer dari kota Sengkang, waktu yang ditempuh untuk sampai di pertengahan areal danau tempe diperkirakan selama 30 menit dengan perahu motor ketinting. Dalam perjalanan, wisatawan dapat menyaksikan atraksi berupa kegiatan masyarakat pesisir danau tempe dan rumah terapung bernuansa Bugis sepanjang tepian danau. Untuk sampai ke lokasi danau terapung (kampung terapung) cukup dengan menyewa perahu harga sekitar 100 ribu rupiah dengan kapasitas penumpang 6 orang. Wisata perahu danau tempe sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari karena pada siang hari matahari sangat panas menyengat.

Baca juga:

Taman Wisata Keluarga Holy Land Gowa Sulawesi Selatan
3 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata Negeri di Atas Awan Kampung Lolai Toraja Utara




Acara pesta ritual nelayan "Maccera Tappareng" merupakan upacara menyucikan danau yang ditandai dengan pemotongan kerbau yang dipimpin oleh seorang ketua nelayan dan di ikuti berbagai atraksi wisata rutin digelar tiap tahunnya. Pada hari perayaan festival danau tempe ini semua peserta upacara maccera tappareng memakai "baju Bodo" pakaian adat orang Bugis, acara ini dimeriahkan berbagai atraksi seperti lomba perahu tradisional, lomba perahu hias, lomba permainan rakyat, lomba layang-layang tradisional, pemilihan anak Dara dan kallolona (bujang-gadis) tanah Wajo, lomba menabuh lesung mappadendang, pergelaran musik tradisional dan "tari bissu" yang dibawakan oleh waria dan berbagai pergelaran lainnya. Tari Bissu ini seperti debusnya banten, atraksi kebal hingga menusuk mata dengan keris.

Baca juga Artikel:

Tambahkan Komentar Sembunyikan