Menikmati Pesona Desa Wisata Nglinggo,Yogyakarta

Sebats.com - Keindahan panorama pegunungan menoreh seolah tak ada habisnya, salah satu sudut di daerah istimewa Yogyakarta ini menyajikan hijaunya hamparan kebun teh tiada duanya. Terletak di desa Nglinggo yang ada di kaki pegunungan menoreh ini kondang akan hasil alamnya berupa teh. kata Nglinggo diambil dari nama pemimpinnya dijaman dulu yakni Ki Linggo Manik.

Tak hanya sekedar menyajikan keindahan hamparan kebun teh hijau disini pengunjung dapat berwisata sambil belajar mengenal jenis-jenis teh dan cara pengolahannya. Kebun teh Nglingo kebanyakan menghasilkan jenis teh hijau, teh ini menjadi andalan desa ini karena paling laris. Tak hanya teh hijau, kebun teh nglinggo juga menghasilkan teh yang jarang ditemui yaitu teh putih atau white tea. Cara petih teh putih sendiri terbilang unik karena para pemetih teh melakukannya sebelum matahari terbit, kenapa? karena agar khasiatnya tetap terjaga yakni kandungan oksida masih sangat bagus tapi kalau sudah terkena sinar matahari kandungan oksidanya sudah pudar. Begitupun dengan proses pengeringannya hanya diangin-anginkan saja dan tentu butuh proses yang cukup lama.

Teh putih dipercaya memiliki berbagai khasiat khusus bagi kesehatan seperti menguatkan kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini (sangat bagus buat yang mukanya boros), menyegarkan bau mulut, serta polyphenol dalam teh putih juga bisa untuk detoksifikasi tubuh, tak heran jika harga teh putih lebih mahal dari jenis teh lain pada umumnya.

sumber foto twitter @yogyakartacity
Baca juga:
Objek Wisata Sejarah Candi Prambanan, Sleman Yogyakarta
83 Tempat Tujuan Wisata di Jogja, Simak Daftarnya
Jogja Bay Pirates Waterpark

Desa wisata Nglinggo, desa yang pernah mendapat gelar sebagai desa wisata terunik di daerah istimewa Yogyakarta ini memang tak hanya menyajikan teh sebagai pesonanya. Hutan pinus yang memenuhi sebagian wilayahnya menjadikan daya tarik tersendiri untuk berpetualang. Disini wisatawan dapat mencoba ekstrim off-road menyusuri hutan pinus, untuk merasakan ekstrim off-road yang dinamakan blasak alas alias masuk hutan, Anda cukup membayar sewa 550 ribu per jeep nya. Pengalaman menikmati alam terbuka bersama teman sepanjang mengikuti ekspedisi memang bisa memberikan kepuasan tersendiri, apalagi di trek yang terkenal ekstrim.

Sekarang saatnya kamu rehat ke bukit Ngisis Kulon progo, dari bukit Ngisis kita bisa menikmati pemandangan alam sambil berselfie ria di spot-spot yang telah disediakan. Perbatasan antara daerah Jogja dan Purworejo dapat Anda saksikan dari atas Bukit Ngisis ini yang memiliki ketinggian 900 MDPL, anda bisa relaksasi sekaligus merasakan kesejukan dari perbukitan menoreh. Diseputaran desa wisata ini juga kamu bisa menunjungi lokasi wisata alam lain yang sangat cantik yaitu Air terjun curug jonggol dan bukit kukusan.

Baca juga Artikel:

Tambahkan Komentar Sembunyikan