Objek Wisata Sejarah Candi Prambanan, Sleman Yogyakarta

Sebats.com - Sejarah umat Hindu di tanah jawa tidak bisa dipisahkan dengan candi ini, yaitu candi prambanan. Prambanan adalah candi hindu terbesar di nusantara sekaligus simbol kejayaan mataram kuno, kerajaan hindu yang pernah jaya ditanah jawa. Prambanan dibangun pada abad ke-9 atau sekitar tahun 850 masehi, bentuknya sesuai arsitektur hindu pada umumnya menjulang ramping setinggi sekitar 50 meter.

Cantik dan indah, yang mengakuinya bukan hanya masyarakat Jogja dan warga Indonesia, negara tetangga juga mengukuhkan sebagai cantik termegah dan terindah se-asia tenggara. Bukan cuma itu saja, prambanan juga sudah lama menjadi situs warisan dunia unesco. Selain bangunan suci, bagi kaum umat hindu juga menjadi tempat bersemayam para dewa, makanya candi jadi pusat berlangsungnya berbagai upacara termasuk rangkaian ritual menjelang nyepi seperti ritual sakral tawur agung sasih kesanga yang dilakukan secara khusuk dan megah di candi ini.

Baca juga: 83 Tempat Tujuan Wisata di Jogja


Pada masa dahulu kala, candi-candi di Prambanan adalah bangunan suci khusus untuk beribadah bagi pemeluk agama Hindu. Proses waktu yang panjang warisan para leluhur yang merupakan hasil akumulasi daya upaya kolektif suatu bangsa serta mempunyai nilai seni dan arsitektur adiluhung.

Pada era abad ke-18 sampai dengan abad ke-20, kompleks percandian tersebut ditemukan kembali, di identifikasi dan dilakukan upaya pelestariannya. Pada pertengahan abad ke-19 sampai abad-ke-20 di tindak-lanjuti dengan mengadakan pembersihan, identifikasi , susunan percobaan dan penyelamatan.

Sejak tahun 1931, Van Ramond proses pemugaran lanjutan secara intensif dan menyeluruh di beberapa bangunan candi induk. Kemudian kegiatan pemugaran dilanjutkan oleh Suhamir, Soewarno, dan Samingun, selesai dan diresmikan oleh presiden Soekarno pada 20 desember 1953, pemugaran dan perbaikan dilakukan secara berkala hingga diresmikan oleh presiden Soeharto tahun 1991.



Pada gempa bumi tektonik 27 mei 2006 yang menguncang wilayah Yogyakarta dan sebagian jawa tengah, berdampak merusakkan beberapa bangunan candi di Prambanan. Komplek candi prambanan terletak di daerah desa Bokoharjo, Prambanan, Jalan Jogja-Solo KM-16, Sleman, daerah khusus Yogyakarta. Luas kompleks candi prambanan sekitar 40 hektar dan lokasinya diantara Klaten Jawa tengah dengan Sleman, Yogyakarta.

Harga tiket untuk turis lokal 30 ribu untuk dewasa dan dan 13 ribu untuk anak-anak, sedangkan tiket untuk turis asing 20 USD untuk dewasa dan 10 USD untuk anak-anak. Jam buka untuk pengunjung mulai jam 6 pagi sampai jam 5 sore.

Baca juga Artikel:

Tambahkan Komentar Sembunyikan