Langsung ke konten utama

Gua Batu Cermin Labuan Bajo Flores NTT

Gua Batu Cermin Labuan Bajo Flores NTT

Gua merupakan salah satu objek tujuan wisata dengan nuansa tersendiri, biasanya bagi mereka yang takut kegelapan kurang menyukai wisata ke gua gua meskipun sudah dibantu alat penerangan. Namun bagi sebagian lagi berwisata ke gua memiliki rasa kepuasan dan bisa menambah pengalaman dari segi objek untuk rekreasi.

Gua identic dengan unsur sejarah yang kuat Karena gua sangat erat kaitan dengan kejadian alam dan kadang konon menjadi tempat bertapa orang-orang sakti atau tempat bersembunyi di jaman perang. Tahukah kamu di Flores ada gua yang menurut cerita masyarakat sekitar bahwa gua tersebut berada di dasar laut.

Gua Batu Cermin namanya, letaknya berada di wilayah desa Wae Kesambi, kabupaten manggarai barat Flores, NTT dan diketemukan tahun 1986 oleh Pastur Belanda yang merupakan seorang arkeolog. Jaraknya lebih kurang 4km dari kota Labuan Bajo. Sejak dibuka pertama kali tahun 1986, gua batu cermin sudah banyak pengunjungnya terutama dari traveler yang menyukai petualangan.

Jalan setapak untuk menuju mulut gua banyak ditemui tumbuhan bambu berduri jadi kamu kudu hati-hati saat melaluinya atau baiknya memakai baju lengan panjang. Kalian juga akan diharuskan mengenakan pengaman helm serta serta senter yang sudah disiapkan oleh penjaga gua saat Anda tiba di mulut Gua tersebut, selain itu Anda juga akan di kawal oleh salah satu ranger dari pengurus tempat wisata ini.

Baca juga: Air Terjun Sendang Gile, Lombok Utara

Kesan natural akan kamu temui sesaat setelah masuk gua batu cermin dan banyak sekali ditemui stalagtit (batu bentukan alam diatas gua) dan juga stalagmite (batu bentukan alam di bawah gua), jalan sambal menunduk atau bisa juga jalan jongkok di beberapa tempat, namun bagi traveler sejati justru inilah nilai tantangan dan kepuasannya.

Tidak itu saja, dari dinding hingga sekeliling gua Anda akan menemui beragam batu fosil hewan dan biota laut yang diperkirakan berusia ribuan tahun. Cukup masuk akal jika memang sejarah Gua batu cermin ini dulu berada didasar laut jika melihat dari apa yang ada di dalam gua tersebut.
Ada juga kelelawar yang hidup di gua tersbut, yah gua memang identic dengan binatang yang satu ini dan kegelapan merupakan favorite mereka. Bagi Anda penggemar arkeologi mengunjungi gua ini salah satu rekomendasi yang bagus.


Dinamakan Gua batu cermin bukan berarti kalian akan menemui batu untuk bercermin tapi yang dimaksud dari cermin disini adalah adanya lorong yang dibagian atasnya ada lobang kecil atau celah untuk masuknya cahaya dari luar. Dari cahaya masuk inilah nanti akan memantul ke dinding-dinding gua sehingga terlihat dinding gua tersebut seperti kristal dan akan terlihat bak cermin yang akhirnya diberilah nama oleh penduduk sekitar dengan nama gua batu cermin.

Url Post: http://www.sebats.com/2017/04/gua-batu-cermin-labuan-bajo-flores-ntt.html

Related Posts

close