Langsung ke konten utama

Air Terjun Sendang Gile, Lombok Utara

Air Terjun Sendang Gile, Lombok Utara

Lombok memang jadi salah satu andalan pariwisata Indonesia saat ini selain tempat wisata lain seperti Bali, Wakatobi, raja Ampat dan lainnya. Sangat banyak pesona wisata alam di negara kita yang menjadi sorotan dunia serta para traveler mancanegara. Kalau dulu Lombok hanya dikenal oleh wisatawan asing namun sekarang sudah banyak wisatawan lokal yang sering kesana.

Melanjutkan artikel dulu mengenai tempat tempat wisata keren di Lombok NTB, sekarang akan coba membahas satu diantaranya yaitu Air terjun Sendang Gile, salah satu pesona wisata alam yang memukau dan satu diantara air terjun tercantik di Indonesia.

Lokasi dari air terjun Sendang Gile ini tepatnya berada di desa Senaru, Kec. Bayan, Lombok Utara NTB. Ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter lebih dan berada diatas bukit dengan titik ketinggian dari permukaan air laut 600 meter. Air terjun dengan air yang jernih serta dingin tersebut bak lukisan alam dan memang sudah banyak para pelukis yang menjadikan air terjun ini sebagai inspirasi untuk melukis pemandangan.

Air terjunnya yang bertingkat menambah pesona tersendiri, air meluncur dari atas bukit dan turun ke penampungan dibawahnya bagaikan kolam, kemudian dari kolam air tersebut baru mengalir deras seperti kali dengan banyak bebatuan besar di sekitarnya. Jika traveler merupakan pecinta alam dan sedang mendaki gunung Rinjani maka sudah pasti tidak akan melewatkan untuk mampir ke air terjun Sendang Gile ini Karena air terjun tersebut masih termasuk kedalam area Taman Wisata Gunung Rinjani.

Sebenarnya ada 3 air terjun selain Sendang Gile tadi yaitu Sendang gile sendiri kemudian Tiu Kelep lalu Batara Lejang. Sumber air dari tiga air terjun tersebut berasal dari danau Segara Anakan. Jika Anda ingin menuju ke tiga air terjun maka ada 2 alternatif rute perjalanan yang bisa Anda pilih yakni pertama rute Pusuk, lewat persawahan masyarakat sekitar dan perbukitan, jalur ini sangat dianjurkan jika Anda memulai keberangkatan dari kota Mataram. Lalu rute kedua adalah lewat pantai Sengigi dimana sepanjang perjalanan Anda bisa melewati tiga pantai terkenal lainnya seperti pantai kerandangan, Batu Bolong dan Malimbu dan juga melewati gili trawangan, gili meno dan gili air.



Air terjun Sendang Gile paling sering dikunjungi oleh wisatawan dibandingkan dari dua air lainnya yakni air terjun Tiu Kelep dan Batara Lejang hal ini disebabkan karena letaknya yang paling mudah dijangkau atau terbawah dibandingkan kedua air terjun tadi. Aksesnya juga lumayan mudah dibandingkan air terjun yang sudah dibahas di artikel sebelumnya yaitu air terjun Titian Batu Kawangan Lombok tengah karena akses ke air terjun Sendang gile sudah tersedia tangga batu. Curahan air tejun yang deras menambah nikmat dan menyegarkan badan tentunya.

Pihak pariwisata Lombok Utara sendiri memang fokus mempercantik objek-objek wisatanya termasuk menyiapkan infrastruktur dan juga fasilitas hotel hotel yang lengkap.

Jadi ketika Anda sedang berada di Lombok bersama keluarga untuk berwisata, kalau bisa lahap semua objek wisata disana termasuk air terjun Sendang Gile ini, jangan hanya pantai Karena sayang kalau dilewatkan begitu saja. Meskipun Capek sedikit tapi bisa terbayarkan dengan menikmati pesona air terjun dan pengalaman mandi disana dan tentunya juga pengalaman berwisata itu bisa jadi memory yang tak terlupakan.

Url Post: http://www.sebats.com/2017/04/air-terjun-sendang-gile-lombok-utara.html

Related Posts

close