Langsung ke konten utama

Hal Menarik yang Sayang Untuk Dilewatkan Saat Liburan di Solo

Jauh sebelum adanya pernikahan anak dari Presiden Indonesia, Joko Widodo, Solo sudah ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini cukup menegaskan kalau Solo adalah salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Tengah. Di Solo, ada banyak hal seru yang bisa dilakukan para wisatawan, seperti wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah, dan masih banyak lagi. Jadi kalau kamu sedang bingung memilih tempat wisata yang recommended di pulau Jawa, tak ada salahnya memasukan Kota Solo ke dalam daftar rencana kota yang akan dikunjungi.

Tapi tunggu dulu, setelah memutuskan liburan dan memesan hotel di Solo, sebaiknya catat dulu beberapa hal menarik yang sebaiknya tidak kamu lewatkan selama liburan di Solo berikut ini:

Masuklah ke Mesin Waktu di Pasar Triwindu

Pasar Triwindu
Img source: yukepo.com
Ingin tahu bagaimana rasanya berada di tempat dengan suasana yang sangat jadul alias kuno? Datang saja ke Pasar Triwindu di Jalan Diponegoro. Di pasar yang sudah berdiri sejak tahun 1939 ini, ada ratusan ruko yang menjual barang-barang antik dari berbagai jaman. Mulai dari peralatan rumah tangga, sepeda, kebutuhan fesyen, alat elektronik, koin, dan benda-benda kuno lainnya sangat mudah ditemukan di sini. Kualitasnya pun benar-benar bernilai tinggi dan otentik. Maka tak heran kalau tempat ini selalu ramai dikunjungi para pemburu barang antik.

Benda-benda kuno yang dijual di Pasar Triwindu dijual dengan harga mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Semua tergantung dari kualitas, usia, tingkat kelangkaan, keaslina, dan kemampuan tawar menawar tentunya. Di sini juga tersedia barang-barang kuno replika yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

Wajib Mencicipi Selat Solo

Selat Solo
Img source: Solopos.com
Mencicipi kuliner khas di suatu daerah seolah sudah jadi agenda wajib yang tidak boleh di lewatkan. Di Solo sendiri ada banyak kuliner khas yang bisa dinikmati, salah satunya adalah Selat Solo. Kuliner khas yang satu ini adalah fusion food atau makanan campuran ala Indonesia dan Barat. Konon di jaman Kolonial, orang-orang Belanda sering membawa dan mengonsumsi makanan khas mereka seperti bistik. Di saat itu pula, banyak makanan-makanan baru yang diadaptasi dari makanan khas Indonesia dan Barat. Salah satunya adalah Selat Solo atau yang juga dikenal dengan julukan Bistik Jawa. Julukan ini karena kuliner yang satu ini memang diadaptasi dari bistik yang sering dikonsumsi orang Belanda.

Selat Solo termasuk jenis makanan yang baik dikonsumsi. Di dalam seporsi Selat Solo, terdapat aneka jenis sayuran dan daging sapi, lengkap dengan kuah yang nikmat. Makanan yang satu ini sangat nikmat dikonsumsi saat siang hari. Untuk mencicipinya, kamu bisa mengunjungi beberapa restoran Selat Solo terbaik seperti Warung Selat Mbak Lies di jalan Veteran, Omah Selat di jalan Gotong Royong,  atau Selat Solo Tenda Biru di jalan K.H Samanhud.

Nikmati Keunikan Solo Dari Atas Bus Tingkat Werkudara

Bus Tingkat Werkudara
Img source: solopos.com
Untuk menikmati panorama Kota Solo, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satuny adalah dengan menaiki Bus Tingkat Werkudara. Untuk menaiki bus ini, kamu bisa melakukan pemesanan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Solo di jalan Menteru Supeno. Bus ini akang membawa wisatawan berkeliling sambil melewat beberapa tempat menarik di Solo. pengunjung pun meminta bus tersebut berhenti sejenak jika situasnya memungkinkan.

Jangan Lupa Belanja di Pasar Klewer

Pasar Klewer
Img source: travel.kompas.com
Setelah puas menikmati segala keindahan dan keunikan yang tersaji di Solo, jangan lupa membeli oleh-oleh untuk orang-orang di rumah. Tanpa membawa oleh-oleh khas setempat, momen liburan pun akan terasa kurang lengkap. Seperti yang kita tahu, Solo adalah salah satu daerah penghasil terbesar di Indonesia. Maka dari itu, rasanya akan sangat disayangkan sekali jika pergi ke Solo tanpa membawa oleh-oleh batik khas setempat.

Untuk urusan oleh-oleh yang satu ini, Solo punya satu tempat yang wajib dikunjungi. Namanya adalah Pasar Klewer di dekat Keraton Surakarta. Pasar ini terkenal sebagai pusatnya Batik murah berkualitas di Solo. Pasar Klewer bukanlah pasar biasa karena sudah menjadi salah satu ikon wisata di Solo. Kualitas batik yang di jual di pasar ini benar-benar bernilai tinggi. Tapi tetap dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa ditawar. Semakin pandai menawar harga maka semakin besar kemungkinan mendapatkan batik berkualitas dengan harga sangat miring. Pengunjung juga bisa langsung memilih sendiri batik yang diinginkan. Tak hanya Batik, di pasar Klewer pun kamu bisa memberi oleh-oleh lainnya seperti produk makanan.

Tentunya, masih ada banyak hal menarik yang sayang untuk dilewatkan selama berada di Solo karena Kota ini memang memiliki Segudang pesona yang menawan. Maka dari itu, ayo buat rencana libura di Solo dari sekarang. Lalu, jangan lupa memesan penginapan murah sejak jauh hari agar kamu berkesempatan mendapatkan hotel di Solo dengan harga menarik.

Untuk memesan hotel di Solo, kamu cukup mengunjungi situs reservasi.com karena di sini ada banyak penginapan murah yang bisa kamu pesan dengan penawaran harga terbaik.

Baca Juga