Tiket Kereta Api Sudah Ludes? Lakukan 4 Jurus Andalan Anti Kehabisan Tiket Berikut Ini!

Sebats.com - Pada hari-hari tertentu pemesanan tiket kereta api menjadi sangat sulit dibanding hari lainnya, kemungkinan besar karena banyak calon penumpang membutuhkan jadwal pemberangkatan yang sama. Terlebih untuk jadwal kereta yang diambil menjelang lebaran ataupun sesudahnya maka dijamin rentan tidak kebagian tiket jika memang tidak tahu tata cara pemesanannya. Kondisi ini lumrah terjadi dan bahkan berulang setiap tahun, sebab tingkat kepadatan semua transportasi akan meningkat tajam.

Maklum saja sebab selama lebaran semua orang yang tadinya merantau atau mungkin pindah karena tuntutan pekerjaan memutuskan mudik berbarengan. Bukan tanpa alasan sebab menjelang lebaran semua perusahaan baik swasta maupun pemerintah memberikan libur panjang, minimal selama satu minggu penuh. Meskipun ada beberapa bagian dan jenis perusahaan yang melakukan pengecualian, misal untuk karyawan di sebuah pusat perbelanjaan, petugas keamanan, dan tentunya petugas di perusahaan transportasi.

Jurus Andalan Agar Kebagian Tiket Kereta


Pemesanan secara online untuk tiket kereta membuat tiket bisa dipesan 90 hari sebelum hari keberangkatan. Sehingga tiga bulan sebelum lebaran umumnya tiket di berbagai jalur perlintasan kereta api dinyatakan ‘habis’. Baru saja membuka situs pemesanan tiket kata-kata ‘habis’ yang sengaja dibuat kapital dan di blog dengan warna mencolok langsung memberi sambutan yang mengecewakan hati. Rupanya kekecewaan semacam ini tidak hanya dirasakan oleh satu atau dua calon penumpang kereta namun banyak.

Menghindarinya ternyata masih memungkinkan, dan untuk mengantongi tiket kereta api di hari sibuk tersebut maka lakukan beberapa jurus andalan anti kehabisan tiket berikut ini:

- Ikut memesan jauh-jauh hari

Solusi untuk menghindari kehabisan tiket kereta adalah dengan memesan jauh-jauh hari, sehingga bisa memperoleh tiket dengan kesempatan lebih besar. Hanya saja perlu menyiapkan dana jauh-jauh hari pula kemudian bisa memastikan pada hari yang telah dipesan memang bisa berangkat sesuai jadwal. Sebab ada kemungkinan perusahaan belum memberikan cuti lebaran atau pengajuan cuti Anda ditolak HRD.

- Ubah jadwal keberangkatan

Umumnya orang punya jadwal prioritas dalam memesan tiket kereta, namun tentunya bisa diubah sesuai kebutuhan. Asalkan tidak terlalu jeda berjauhan dengan jadwal prioritas tersebut sehingga bisa sampai tujuan tepat waktu. Misalnya saja Anda mendapati jadwal prioritas tiket sudah habis maka alihkan ke tanggal lain. Misal sehari atau dua hari baik sebelum maupun sesudah jadwal utama tersebut. Jurus ini lumayan membantu untuk memperoleh tiket sesuai dengan kebutuhan sehingga dijamin bisa pulang sesuai keinginan.

- Tunggu mendekati hari H

Khusus untuk hari lebaran, umumnya orang sudah berlomba-lomba memesan tiket tiga bulan sebelumnya. Namun ada kemungkinan banyak calon penumpang yang tidak kebagian tiket dan memutuskan beralih ke moda transportasi lain. Padahal ada jurus terbaik untuk membantu memperoleh tiket sesuai keinginan dan sesuai jadwal mudik. Yakni menunggu satu atau dua minggu sebelum lebaran tiba, mengapa? Sebab menjelang lebaran biasanya PT KAI sudah menambahkan gerbong tambahan sehingga tiket tersedia kembali.

- Datangi stasiun kereta api terdekat

Apabila memesan secara online dengan berbagai jurus di atas masih memberikan hasil yang nihil, maka bisa mencoba untuk mendatangi stasiun terdekat. Terutama stasiun besar yang ada di tempat tinggal Anda sebab bisa bertemu dengan petugas Customer Service. Anda bisa menanyakan ketersediaan tiket untuk jadwal yang telah Anda tentukan sejak awal. Biasanya petugas akan memberikan bantuan entah adanya informasi tambahan gerbong ataupun lainnya. jika dari CS sendiri dinyatakan tiket kereta api sudah habis, baru beralih ke transportasi lain.

Baca juga Artikel:

Tambahkan Komentar Sembunyikan