Obyek Wisata Gua Putri Baturaja OKU, Sumsel

Sebats.com - Palembang, ibukota provinsi sumatera selatan selain dikenal dengan wisata air juga memiliki beragam jenis tinggalan budaya dari masa lampaunya antara lain benteng kuto besak, istana sultan mahmud badaruddin 2 dan tingalan-tingalan cagar budaya dari masa yang lebih tua lagi seperti arca arca batu dari masa klasik atau masa pengaruh agama Hindu Buddha di sumsel.

Penelitian-penelitian mengenai peninggalan budaya di palembang dan sekitarnya telah banyak dilakukan oleh balai geologi palembang. pada oktober 2005 balai arkeologi palembang melakukan penelitian di goa putri. Goa putri terletak di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), kecamatan Semidang Aji tidak begitu jauh dari desa padang bindu. Dari desa padang bindu lokasi goa putri dapat dicapai dengan menyusuri jalan utama desa padang bindu ke arah timur kurang lebih 1 kilometer.

Goa putri pada saat ini telah dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan di masa depan. Goa putri merupakan goa bentukan alam yang terbentuk pada salah satu perbukitan di bukit barisan. Goa ini termasuk sebuah rongga bentukan alam yang cukup besar dan terbentuk sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Pada beberapa bagian goa masih dapat dilihat tetesan-tetesan air kapur yang menunjukkan bahwa proses pembentukan goa masih terus berlangsung. Endapan kapur yang ditimbulkan oleh tetesan-tetesan tersebut membentuk stalagtit maupun stalagmit goa yang indah dan menakjubkan.

Baca juga: Tempat Wisata di Palembang dan Sumatera Selatan lain


Di dalam goa putri terdapat lorong-lorong goa yang cukup panjang dan berkelok, ada beberapa pintu masuk tetapi yang paling besar adalah pintu masuk goa yang berada di bagina timur. Lorong di goa putri cukup indah dan mengagumkan, sepanjang lorong telah dipasang lampu-lampu listrik yang cukup terang sehingga keindahan bagian dalam goa putri dapat dinikmati dengan cukup leluasa oleh para pengunjung. pada beberapa bagian dalam goa dipasangi papan-papan petunjuk lokasi, masing-masing lokasi dinamai berdasarkan legenda yang hidup dalam masyarakat seperti pemandian putri dayang merindu, harimau penjaga, lumbung padi dan singgasana raja.

Baca juga Artikel:

Tambahkan Komentar Sembunyikan