Langsung ke konten utama

3 Bahan Alami yang Efektif Bantu Bersihkan Karat Pada Mesin Mobil

Semakin sering digunakan biasanya kendaraan tarikannya justru kian bagus, karena meski selalu dipanasi setiap saat, namun berbeda ketika mobil hanya dibiarkan di dalam bagasi rumah untuk waktu yang lama, meskipun dari segi tampilannya masih bagus, justru tarikannya yang aka bertambah buruk, hal ini disebabkan karena faktor mesin yang mulai berkarat hingga memunculkan kerak. Kerak pada kendaraan ini disebabkan oleh proses oksidasi yang biasanya akan timbul karena mesin tidak mendapatkan pelumas yang cukup, juga tidak pernah dipakai sama sekali.

Itulah mengapa sangat dianjurkan kepada Anda meskipun tidak menggunakan kendaraan, namun harus tetap melakukan pemanasan secara teratur. Lalu bagaimana jika mesin bagian dalam sudah mulai ditumbuhi dengan kerak atau karat tersebut? Tentu satu-satunya solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya. Sehingga penampilan dan kinerja bisa kembali seperti semula. Kerak atau karat yang menempel pada kendaraan tua ini bisa dibersihkan dengan bahan-bahan alami, berikut ini yang dapat Anda coba, diantaranya adalah:

Bersihkan Karat Pada Mesin Mobil
1. Gunakan cuka, cairan asam yang satu ini berfungsi untuk membuat karat yang menempel di mesin kendaraan jadi memudar, bahkan menjadi hilang sepenuhnya. Namun catatan penting yang harus diperhatikan, yaitu jangan sampai cairan tersebut nantinya akan mengenai bagian body kendaraan, karena bisa merusak cat bahkan memicu munculnya karat yang baru. lakukan dengan hati-hati, mulailah dengan membersihkan karatnya dengan amplas, hati-hati dengan bagian kelistrikan, pastikan untuk mencopoti semua bagiannya sebelum nantinya direndam menggunakan air cuka. Proses pembersihan juga tidak cukup sekali, karena biasanya sisa karat masih akan menempel.

2. Lemon, tidak jauh dengan cuka, buah yang satu ini juga kaya akan kandungan asam, bagus untuk mengatasi oksidasi pada kendaraan Anda. Karena lebih alami tentunya akan jauh lebih aman dibandingkan dengan mengandalkan cuka biasa. Caranya sama, yaitu cukup dengan menggosokkan pada bagian mesin yang berkarat, setelah di preteli terlebih dahulu, gosok setiap bagiannya dengan hati-hati dan sikat kemudian bilas menggunakan air bersih.

3. Baking soda, bahan efektif lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi karat pada kendaraan adalah baking soda, tidak hanya membantu membuat roti mengembang, melainkan kandungan yang ada di dalamnya ternyata juga efektif mengikis permukaan mesin yang teroksidasi. Pertama adalah dengan memisah-misalkan semua bagian mobil tersebut, kemudian bersihkan dengan menggunakan amplas bagian permukaannya, lanjutkan merendam memakai air baking soda, sikat sampai bersih dan bilas menggunakan air. Hasilnya tidak kalah bersih dibandingkan dengan zat asam.

Tak harus membawanya ke bengkel, karena semua kegiatan tersebut bisa dilakukan sendiri di rumah, mungkin memakan waktu yang agak lama, namun hasilnya juga sangat efektif guna mengembalikan tampilan awal mesin mobil.

Baca Juga