Langsung ke konten utama

Mengenal Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek

Untuk Anda yang sangat awam terhadap dunia bisnis dan investasi, mungkin asing saat mendengar istilah investasi jangka pendek. Terlebih untuk mengetahui apa bedanya dengan investasi jangka panjang, dan apa saja yang termasuk di dalam kedua jenis investasi tersebut. Jika dilihat sekilas dari namanya, investasi jangka pendek merupakan jenis investasi yang dapat dilakukan dalam periode waktu singkat, tetapi tetap untung seperti jenis investasi yang lainnya. Namun, bukankah investasi harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama agar keuntungan yang diperoleh semakin banyak? Tepat sekali!

Pengertian Investasi Jangka Pendek

Prinsipnya, investasi jangka pendek merupakan investasi yang dapat dicairkan sewaktu-waktu atau kurang dari 12 bulan. Adapun tujuan sebenarnya dilakukan investasi jangka pendek yaitu untuk mencegah Anda menjadi boros. Kelebihan dana atau sisa uang yang Anda miliki dari pendapatan bulanan sebaiknya kembali diinvestasikan. Toh, sewaktu-waktu uang tersebut dapat Anda cairkan saat diperlukan. Istilah lainnya, investasi ini bersifat modal kecil untung besar! Seperti menabung, Anda akan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit, dan ketika dicairkan hasilnya akan jauh lebih besar.

investasi
Lalu, apa perbedaan investasi jangka pendek dan jangka panjang? Sederhananya, kedua investasi tersebut memiliki sistem yang sama. Sama-sama dapat menguntungkan dan membuat orang senang dalam berinvestasi. Bedanya, hanya pada jangka waktu penanaman modal dan likuiditasnya. Likuiditas sendiri memiliki arti sebagai kemampuan individu atau perusahaan dalam memenuhi kewajibannya dalam membayar hutang yang harus segera dibayar dengan harta lancarnya. Jika dalam perusahaan, ukuran likuiditasnya dapat ditunjukkan melalui rasio kas, misalnya membayar listrik, telepon, gaji karyawan, dsb.

Macam-macam Investasi Jangka Pendek

Terdapat berbagai macam peluang investasi jangka pendek. Mungkin sebagiannya telah Anda lakukan tanpa disadari.

- Tabungan

Saat Anda menabung, Anda dapat menarik uang tersebut sewaktu-waktu sesuai yang dibutuhkan. Namun kekurangannya, suku bunga tabungan sangat rendah, sehingga Anda harus rajin menabung agar dapat memenuhi segala kebutuhan Anda.

- Deposito

Jenis investasi ini sedikit berbeda dengan tabungan. Saat Anda melakukan deposito, maka Anda tidak dapat mencairkannya sewaktu-waktu, tetapi ada jangka waktu yang telah ditetapkan. Jika Anda mencairkan kurang dari jangka waktu, maka Anda akan mendapat penalty yang cukup besar atau sesuai kebijakan perusahaan penyedia deposito.

- Reksadana

Jenis ini merupakan investasi jangka pendek paling menguntungkan, sebab Anda dapat mencairkannya sewaktu-waktu tanpa penalty dan terlebih Anda akan memeroleh bunga yang cukup besar.
Investasikan dana tabungan Anda sekarang, ya! Untuk jaminan hari tua dan masa depan yang lebih cerah.

Baca Juga