Langsung ke konten utama

Crayon Titi, Berikan Manfaat Mewarnai Bagi Anak

Crayon Titi, Berikan Manfaat Mewarnai Bagi Anak
Apakah Anda mengetahui jika sebenarnya sebagian besar anak gemar melakukan kegiatan seni seperti mewarnai? Dengan mewarnai, mereka akan menuangkan berbagai macam imajinasi di kepala mereka. Harus diketahui jika mewarnai mempunyai begitu banyak manfaat untuk si kecil. Alat untuk mewarnai bisa beraneka ragam. Salah satunya dengan menggunakan crayon Titi.

Ada berbagai macam manfaat yang akan di dapatkan si kecil saat belajar mewarnai. Pertama, bisa mengembangkan kemampuan motorik dan dijadikan sebagai media berekspresi. Kegiatan mewarnai akan membantu meningkatkan kerja otot tangan anak. kemampuan motorik ini sangat penting untuk perkembangan anak seperti mengangkat benda dan mengetik. Lantas, bagaimana pengaruhnya terhadap media berekspresi? Kegiatan mewarnai apalagi mewarnai di bidang kosong adalah cara untuk si kecil mengungkapkan seluruh perasaan dirinya. Dengan menggunakan gambar yang ia buat, bisa terlihat apa yang sebenarnya saat ini ia rasakan, apakah ini adalah perasaan gembira atau malah perasaan sedih.

Kedua, mengenal perbedaan warna dan membantunya terbiasa untuk menggenggam pensil. Aktivitas mewarnai dengan menggunakan crayon Titi akan membantu anak untuk mengenal warna yang begitu banyak. anak bisa membedakan antara warna satu dengan warna yang lain. Hal ini akan mempermudah anak memadukan berbagai macam warna sehingga membantunya untuk terus berkreasi. Dengan kegiatan mewarnai ini, mereka juga akan belajar menggenggam pensil. Walaupun diawali dengan menggenggam crayon, karena dilakukan dengan berulang-ulang, akan bisa menjadi kebiasaan yang membantunya menulis ketika duduk di bangku sekolah.

Ketiga, meningkatkan konsentrasi dan kemampuan untuk bekerjasama. Ternyata, kegiatan seperti mewarnai bisa melatih konsentrasi anak. saat anak sedang melakukan kegiatan mewarnai, biasanya ia akan fokus dan tidak mudah teralihkan perhatiannya. Kemampuan konsentrasi seperti ini begitu berguna bagi anak dalam menyelesaikan tugas yang memerlukan konsentrasi tinggi seperti matematika. Mewarnai juga memerlukan kerjasama yang baik antara anggota tubuh mata, hingga lengan, bahkan cara menggenggam crayon sampai memilih warna juga mempengaruhi.

Keempat, mengenal garis batas bidang dan anak juga terlatih membuat target. Ketika anak mewarnai, biasanya ia tidak akan terlalu peduli dengan garis batas yang berada di depannya. Dengan berjalannya waktu, anak akan memahami serta memperhatikan garis batas, sehingga anak bisa berusaha mewarnai gambar tanpa keluar garis. Ini bisa membantu anak ketika mulai menulis buku bergaris. Aktivitas mewarnai dari kecil bisa membantu anak menyelesaikan tugas yang berada di hadapannya. Di sini, rasa tanggung jawab akan muncul.

Selain itu untuk anak yang berusia dini, ada beberapa manfaat mewarnai menggunakan crayon Titi, antara lain:


  • Mengenal warna. Mewarnai gambar dengan menggunakan crayon, anak bisa belajar mengenal berbagai macam warna, termasuk nama-nama warna seperti biru, kuning, merah, hijau, ungu, hitam, putih dan yang lainnya,
  • Membantu mengasah indera penglihatan. Mewarnai gambar juga menjadi salah satu stimulasi yang bisa merangsang indera penglihatan bagi buah hati yang masih berkembang, sehingga dapat mengetahui lebih dini jika terjadi gangguan penglihatan pada anak seperti buta warna,
  • Motorik secara halus. Mewarnai juga memberikan manfaat melatih kemampuan motorik halus. Anda bisa memberikan pengarahan pada anak agar menghindari mewarnai gambar dengan melewati garis batas pada pewarnaan,
  • Memecahkan berbagai macam masalah. jika terdapat salah satu bentuk gambar yang tidak ia kenal, biasanya anak akan menanyakan nama objek tersebut. Bertanya agar bisa memberi jawaban bisa menjadi metode untuk memecahkan masalah. Ini yang sering tidak diduga oleh orang tua.
Url Post: http://www.sebats.com/2017/11/crayon-titi-berikan-manfaat-mewarnai.html
close