Langsung ke konten utama

Knalpot Mobil Variasi, Cara Memilih dan Kisaran Harganya di Pasaran

Knalpot Mobil Variasi, Cara Memilih dan Kisaran Harganya di Pasaran

Memiliki mobil adalah idaman setiap orang untuk menemani mereka bepergian setiap hari. Namun banyak orang yang juga telah memiliki mobil sehingga mobil tampak similar dengan yang lain. Beberapa cara dilakukan orang untuk membuat mobil mereka unik, salah satunya adalah dengan memberi variasi pada beberapa bagiannya. Salah satu bagian yang sering diganti sebagai variasi adalah knalpot mobil yang berfungsi sebagai saluran pembuangan dan penghasil suara ada mobil. Pergantian knalpot bisa mengakibatkan mobil tampak lebih gagah atau unik dan suara yang lain daripada suara yang dihasilkan oleh knalpot bawaan.

Pergantian knalpot pada mobil sebenarnya tidak dilakukan secara penuh dari ujung knalpot dengan syarat kondisi knalpot masih bagus. Pergantian biasanya hanya dilakukan pada ujung knalpot saja yang bisa membedakan suara yang dihasilkan mobil. Semakin besar ujungnya maka semakin besar dan rendah pula suara yang dihasilkan sehingga mobil lebih halus dan tidak berisik. Tampilan dari bagian belakang mobil juga lebih gagah karena knalpot yang digunakan tampak lebih besar. Namun bagi Anda yang menyukai suara mobil lebih kencang dan tinggi, maka gunakanlah ujung knalpot yang memiliki rongga lebih sempit. Dengan begitu suara keluaran akan melengking yang coock digunakan untuk mobil sport atau balap. Para remaja biasanya lebih menyukai knalpot jenis ini untuk motor dan mobil mereka.

Bagaimana cara memilih knalpot yang benar agar mendapatkan knalpot yang baik dan tidak merusak mobil? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk pemilihannya:

1. Perhatikan tujuan Anda mengganti knalpot

Jenis-jenis knalpot memiliki manfaat yang berbeda untuk setiap penggunaannya. Ada yang gunanya untuk mempertinggi suara mobil, untuk menunjang penampilan dan ada juga yang untuk memantapkan tarikan mesin. Apa tujuan Anda mengganti knalpot? Tentukan terlebih dahulu agar bisa memilih knalpot baru yang sesuai.

2. Perhatikan saluran knalpot bawaan

Mengganti knalpot mobil berarti Anda perlu menyamakan knalpot lama yaitu saluran awalnya dengan knalpot baru. Jangan sampai keduanya tidak pas karena bisa memakan biaya lebih untuk memaksakannya terpasang selain bisa merusak saluran pembuangan itu sendiri.

3. Tanyakan efek dari pergantian menggunakan knalpot baru

Knalpot baru pasti akan membawa efek yang tidak sama dengan knalpot lama. Biasanya akan berpengaruh pada tarikan mobil. Tanyakan pada penjual knalpot agar Anda mulai membiasakan diri dengan cara menyetir karena bisa jadi berbeda dengan jika menggunakan knalpot bawaan. Hal ini akan sedikit sulit untuk dilakukan jika Anda membeli knalpot melalui toko online.

4. Kualitas knalpot baru

Pilihlah knalpot baru yang memiliki kualitas baik dengan cara memperhatikan bahan yang digunakan serta bentuk knalpot. Pastikan bagian dalam knalpot bersih dan berongga sempurna agar tidak ada yang mengganggu pembuangan gas dari dalam mobil yang bisa mengakibatkan kerusakan.

Memilih knalpot mobil baru memang gampang-gampang susah. Anda bisa memilih sesuai dengan selera yang akan merubah gaya mobil Anda. Namun hal tersebut nantinya juga bisa mengubah gaya berkendara Anda karena knalpot bisa mempengaruhi tarikan mobil. Biasakan terlebih dahulu cara menyetir Anda dengan knalpot baru sebelum membawa mobil untuk mengantar ke jarak yang lebih jauh. Jangan lupa bahwa knalpot mobil juga mempengaruhi fungsi mobil dan lingkungan sekitar sehingga diharapkan Anda tetap memilih knalpot yang rasional serta tidak mengganggu orang lain. Jangan sampai Anda justru di tilang oleh polisi karena memilih variasi knalpot yang mengganggu mesin ataupun ketenangan pengguna jalan yang lainnya.

Url Post: http://www.sebats.com/2017/08/knalpot-mobil-variasi-cara-memilihnya.html
close