Wisata Pantai dan Bawah Laut Kepulauan Selayar, Taman nasional Takabonerate

Sebats.com - Kepulauan selayar memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar, salah satu keindahan alam yang dimilikinya adalah taman nasional Takabonerate. Untaian pulau yang dimilikinya memiliki pesona yang sedap dipandang tentunya, sementara dunia bawah lautnya telah menjadi buah bibir dikalangan penyelam. Tempat wisata ini merupakan salah satu taman nasional terbaik di Indonesia.

Taman nasional Takabonerate di Selayar Sulawesi selatan ini memiliki memiliki karang terbesar ketiga di dunia. Wilayahnya terdiri dari pulau-pulau kecil dan hamparan karang seluas 220 ribu hektar sehingga memiliki banyak pulau dan titik selam yang indah. Disini warna biru tidak hanya didominasi langit, tapi juga bawah lautnya, warna-warni ikan dan berbagai jenis terumbu karang menyambut penyelam dialam bawah laut takabonerate.


Tak hanya itu, biota dilindungi seperti jenis kerang raksasa dan belut laut atau moray masih dijumpai disini. Tak perlu khawatir bila belum bisa menyelam karena disini air lautnya bening dan memiliki jarak pandang hingga 20 meter. Waktu terbaik jika berkunjung ke tempat ini antara bulan April hingga November.

Baca juga:
Tempat Wisata Negeri di Atas Awan Kampung Lolai Toraja Utara
Wisata Alam Danau Tempe Sengkang, Wajo Sulawesi Selatan

Takabonerate perlu dikembangkan lebih baik, penghasilan dari sektor wisata harus membuat sejahtera warganya dan karena itu balai taman nasional membentuk kelompok desa model wisata konservasi. Program ini melatih warga untuk mampu menjadi operator jasa wisata mulai dari guide, penyedia penginapan, hingga layanan jasa angkutan.


Desa Rajuni dan desa Jinato menjadi tempat percontohan, melalui cara ini pihak taman nasional Takabonerate berharap kemajuan pariwisata selaras dengan perlindungan terhadap alam dan lingkungan yang menjadi daya tarik utama tempat ini.

Baca juga Artikel:

Tambahkan Komentar Sembunyikan