Objek wisata Gunung Kerinci Jambi

Gunung kerinci Jambi 3805 meter diatas permukaan laut merupakan gunung tertinggi di bumi sumatera dan merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Setiap alam dan gunung memiliki ceritanya sendiri begitu pula dengan gunung yang terakhir meletus pada tahun 2009 ini. Gunung ini merupakan surga wisatanya bagi traveler dan para pencinta alam yang sering mendaki gunung. Di kelilingi oleh hutan hujan yang lebat jalur pendakian akan melewati 3 pos dan 3 shelter dengan medan yang tidaklah mudah. Wilayah hutan hujan memiliki intensitas hujan yang tinggi oleh karena itu sejak diawal pendakian Anda akan langsung disambut jalur berlumpur dan becek.

Gunung kerinci berada di provinsi Jambi dan berbatasan langsung dengan Sumatera Barat. Gunung kerinci memiliki kekayaan flora dan fauna, salah satu tuan rumah di hutan gunung kerinci ini adalah harimau sumatera. balai taman nasional kerinci seblat atau TNKS beberapa kali menangkap gerak gerik si raja hutan melalui kamera trap di jalur lintas si kucing besar, sayang semakin sempitnya hutan membuat jumlah harimau semakin sedikit.

Untuk mendaki gunung kerinci anda bisa memakai pemandu atau guide dan para porter atau pengangkut barang, mereka adalah pemuda-pemuda yang memang terbiasa naik turun gunung kerinci. Tak hanya mengangkut peralatan yang berat para porter pun bisa merangkap sebagai juru masak yang handal.

Baca juga: 4 Keunikan dari Tempat Wisata Gunung Kelud


Melalui pos ketiga dengan ketinggian lebih dari 2 ribu meter Anda harus melewati akar-akar pohon yang membentuk jalur, kemiringan yang cukup curam cukup merontokkan setamina pastinya. Tiba di shelter 2 dengan ketinggian 3081 meter DPL biasanya jadi tempat peristirahatan para pendaki gunung. Perjalanan terberat yang dirasakan pendaki biasanya jalur dari shelter 2 ke shelter 3 karena memilik jalur air dan terjal dengan ketinggian 2 meter. Shelter 3 berada di ketinggian 3351 meter DPL, di sini Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam sekeliling yang indah. Danau gunung tujuh yang cantik bisa di intip dari salah satu dataran menjelang puncak dan perjalanan menuju puncak dari shelter 3 ini sekitar 30 menit.





Setelah Anda mencapai puncak, bukan hanya pemandangan yang indah yang bisa Anda nikmati tapi pastinya kebahagian tersendiri jika sudah mencapai puncak dengan melalui medan berat. Dari puncak gunung kerinci ini Anda bisa menikmati kawah kerinci dengan luas 400 x 100 meter dengan kedalaman 600 meter. Letusan gunung kerinci terakhir terjadi pada tahun 2009 dan saking tingginya dari puncak ini bisa menyaksikan samudra hindia dan jajaran bukit barisan. Dari puncak ini pulalah Anda bisa menyaksikan 3 kota provinsi sekaligus yaitu padang, bengkulu dan jambi itu sendiri.

Baca juga Artikel:

Tambahkan Komentar Sembunyikan