Cari Kebaya Wisuda Terbaik? Selain Model Keren dan Modern tapi Harus juga Nyaman

Sebats.com - Wisuda adalah saat yang sangat penting di dalam kehidupan Anda. Ini saat di mana pada akhirnya perjuangan Anda kuliah selama bertahun-tahun selesai, dan Anda siap untuk memasuki dunia nyata sehingga benar-benar menjadi dewasa. Di saat yang istimewa seperti inilah, Anda tentunya perlu untuk mengenakan baju yang istimewa pula. Inilah saatnya untuk mengenakan kebaya wisuda.

Kebaya adalah pakaian yang menjadi pilihan bagi banyak wanita ketika mereka akan di wisuda. Bahkan di banyak universitas, Anda akan melihat bahwa pakaian tradisional Indonesia ini adalah pakaian wajib bagi para mahasiswi yang akan di daulat menjadi sarjana tersebut. Namun ada satu masalah dalam memilih kebaya menjadi pakaian istimewa di saat wisuda ini, yaitu kenyataan bahwa kebanyakan kebaya adalah pakaian yang tak selalu nyaman untuk dipakai. Apalagi dalam situasi di mana banyak orang berdesak-desakan satu sama lain.

Baca juga: Model Baju Batik Wanita & Pria Modern Terbaru


Karena itulah, kebaya wisuda yang mesti dipilih perlu diperhatikan kenyamanannya. Ini berarti Anda mungkin harus menggunakan kebaya yang sudah dimodifikasi dan bukan lagi sekedar kebaya tradisional biasa. Perhatikan pemilihannya berikut ini:

  • Pilih yang modelnya lebih modern, kecuali jika universitas Anda mengharuskan mahasiswinya memakai kebaya tradisional. Jika dibebaskan, maka kebaya modern lebih nyaman untuk dipakai.
  • Pilih yang bahannya tak membuat gerah. Tidak semua tempat wisuda memakai AC, dan ada banyak orang di sana. Kain katun adalah pilihan terbaik.
  • Cari yang bentuknya sesuai tubuh/pas di badan. Kebaya adalah pakaian yang cukup ketat, jadi hati-hati saat memilihnya. Jangan sampai memilih yang terlalu besar atau kekecilan.
  • Bagi yang Muslim, pastikan bahwa kebaya dipakai bersama dengan baju dalaman, mengingat kebaya memakai kain transparan. Pilih dalaman yang sejuk dan menyerap keringat.

Selain memakai kebaya, Anda juga harus memikirkan tentang aksesoris yang perlu dipakai. Kebaya sendiri sudah cukup meriah untuk menghadiri pesta wisuda, tapi bersiap-siap bukanlah hal yang buruk. Anda bisa mengenakan ini:

  1. Sepatu hak tinggi - kebaya lebih cocok dipasangkan dengan sepatu hak tinggi. Jika Anda tak suka atau tak biasa memakainya, pakailah sepatu platform/wedges.
  2. Kalung - aksesoris seperti kalung akan membuat tampilan Anda menjadi lebih manis lagi. Apalagi jika Anda sengaja memilih kebaya yang minim motif.
  3. Clutch - untuk mempermanis penampilan, Anda juga bisa membawa dompet panjang atau clutch untuk dibawa-bawa.
  4. Anting - jika Anda ingin agar fokus orang-orang pada anting Anda, maka cari anting yang desainnya cukup menyolok. Seimbangkan ini dengan mengenakan aksesoris lain (gelang, kalung) yang lebih sederhana.
  5. Jepitan rambut - agar rambut Anda tak terlihat polos saja, kenakan jepitan rambut ini untuk membuat rambut hitam jadi makin menarik.

Dilema berikutnya yang biasanya muncul saat mencari kebaya untuk wisuda adalah pilihan untuk membeli atau hanya meminjamnya saja. Keduanya memiliki untung rugi sendiri, perhatikan ini:

  • Beli - dengan membeli, Anda bisa memakainya kembali ketika ada acara serupa atau acara formal. Apalagi jika Anda membeli kebaya yang nyaman.
  • Pinjam - ini cara yang lebih menghemat uang, terutama bagi Anda yang memang tak begitu suka penampilan dengan kebaya dan jarang menghadiri acara formal.

Terlepas dari apakah Anda jadi pinjam atau beli, kebaya wisuda adalah pakaian istimewa yang perlu Anda perhatikan dengan teliti sebelum dipakai. Ini tentunya demi menambah keindahan kenangan Anda kelak di saat Anda mengingat kembali masa-masa ini. Jangan ragu untuk memilih kebaya terbaik dan ternyaman yang Anda mau, karena peristiwa ini tak akan terulang lagi.

Baca juga Artikel:

Tambahkan Komentar Sembunyikan