Air Terjun Titian Batu Kawangan Lombok Tengah

Sebats.com - Jika sudah bicara tentang Lombok tentu yang ada dibenak kita biasanya tentang pantainya yang indah dengan deburan ombak menggulung cantik serta butiran pasir putih yang lembut, tapi jarang yang menyebut tentang air terjun di Lombok padahal jika kamu sudah ada rasa sedikit jenuh setelah bermain di pantai pulau Lombok, kamu bisa mengunjungi air terjun yang tidak kalah indahnya, salah satu wisata alam yang ada di pulau Lombok.

Air terjun Titian batu Kawangan namanya, tepatnya berada di desa Lantang, kec. Batukliang daerah Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju ke air terjun Titian batu kawangan ini kendaraan yang bisa melaluinya hanya sepeda motor Karena luas jalan yang tidak begitu lebar serta jalanan masih berupa tanah bukan aspal, cukup membutuhkan perjuangan memang apalagi jika musim hujan atau habis hujan maka jalannya akan becek dan licin.

Jika kamu berangkat dari kota Mataram naik motor menuju tempat wisata air terjun titian batu kawangan ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sebenarnya waktu tempuh normal dari kota mataram ke desa lantang dimana letak lokasi air terjun tersebut hanyalah sekitar 50 menitan, namun Karena jalanan yang becek serta licin da nagak menanjak maka dibutuhkan waktu sekitar 2 jam-an.

Jadi sedikit wajar jika kebanyakan para wisatawan kebanyakan hanya pergi ke pantai mengingat butuh perjuangan ekstra jika ingin menyaksikan indahnya air terjun Titian batu kawangan atau biasa juga disebut dengan nama air terjun Tete Batu ini. Tapi menu wajib bagi para traveler yang lebih menyukai petualangan / adventure yang menantang.

Baca juga: Pulau Padar, Keindahan Alam tak Terlupakan dari Flores


Jika memang Anda berniat ingin ke air terjun titian batu kawangan tersebut, sangat dianjurkan agar Anda mengenakan sandal gunung atau sepatu gunung agar tidak mudah terpeleset Karena jalan yang licin tadi. Waktu yang pas untuk menuju air terjun adalah pagi hingga sore Karena sarana penerangan hamper tidak ada disini atau bisa saja Anda sedia senter besar untuk jaga-jaga. Mungkin masalah penerangan ini bisa segera diatasi oleh pemkab setempat agar memudahkan para traveler, wisatawan.

Satu hal lagi yang pasti jangan lupa bawa bekal makan minum sendiri, bisa saja Anda beli didekat lokasi air terjun tapi paling Cuma ada 1 atau 2 warung yang tidak begitu lengkap barang dagangannya. Dari area parkiran menuju air terjun hanya bisa di akses melalui jalan kaki atau goyang lutut sekitar 20 – 30 menit.

Setelah sampa di lokasi Anda akan mendapati pesona air terjun yang sangat indah, dengan air yang dingin dan jernih, sayang banget memang jika masih belum banyak para wisatawan atau turis yang menuju kemari. Air terjun Titian Batu Kawangan ini baru dibuka oleh dinas pariwisata setempat sekitar tahun 2013 dan factor utama kenapa air terjun Tete Batu ini kurang begitu diminati oleh turis yang ke Lombok Karena infrastruktur atau akses jalan-nya yang belum baik.

Baca juga Artikel:

Tambahkan Komentar Sembunyikan