-->

8 Perabotan Rumah Buatan Sendiri untuk Menghemat Belanja

Sebats.com - Perabotan rumah sekarang ini harganya tidak bisa dibilang murah. Kecuali kalau kamu dapat warisan furniture dari keluarga kamu, pasti deh akan susah langsung bisa membeli perabotan yang kamu perlukan. Nah, daripada pusing tidak punya alat yang diperlukan, kamu sebenarnya bisa membuat perabotan rumahmu sendiri. Hal yang kamu perlukan hanya beberapa pengetahuan dasar pertukangan dan ketelitian, dan beberapa bahan dasar tentunya.

Beberapa perabotan berikut bisa menjadi inspirasimu untuk membuat furniture rumahmu sendiri yang murah meriah. Ini dia:

1. Tempat duduk dari ban bekas

Kamu punya ban bekas di gudangmu, kan? Atau kamu bisa minta tetangga kamu kalau memang tidak punya. Ban bekas ini bisa jadi kursi dengan cara:

- Cuci bersih-bersih ban tersebut.
- Lapisi ban dengan tali tambang atau rotan di seluruh permukaannya.
- Rekatkan papan kayu yang tipis di atas ban tersebut memakai paku.
- Lapisi pakai furnishing, tunggu kering, lalu letakkan busa berlapis kain di atasnya.

Tempat duduk unik kamu pun siap dipakai.

2. Sofa dari batako dan kayu

Buat kamu yang ingin merasakan nyamannya sofa tetapi tidak kuat membelinya, kamu bisa bikin sendiri, kok. Langkah dasarnya seperti ini:

- Untuk bagian kakinya, kamu bisa membuatnya dari 2 buah batako yang ditumpuk dan direkatkan pakai semen. Buat 2 buah kaki.
- Sambungkan kedua kaki batako ini memakai balok-balok kayu.
- Kamu bisa mengecat dan furnishing kayu tersebut.
- Letakkan bantal dan busa di atasnya, sofa siap dipakai.

3. Kursi dari pipa pralon

Pipa pralon kecil yang sudah tidak terpakai itu bisa disulap menjadi kursi-kursi kecil yang cocok untuk anak-anak, atau bahkan untuk kamu sendiri. Kamu bisa memotong-motong pipa tersebut, menyambungnya menurun lekukan, beri kain bermotif di tengah-tengahnya, dan jadilah kursi.

4. Rak buku dari tangga

Kamu punya tangga yang rusak dan tak terpakai? Jangan dibuang! Bersihkan dan cat kembali, dan kamu bisa mengubahnya menjadi rak buku. Paku tangga tersebut melintang di dinding, dan letakkan buku-bukumu di antara sekat-sekatnya.

5. Tempat handuk dari kursi

Kalau kamu punya kursi kayu ataupun kursi yang sudah tak terpakai lagi karena kakinya patah, kamu bisa mengubahnya menjadi rak handuk dan juga tempat peralatan mandi. Bersihkan kursi tersebut, potong atau lepaskan kakinya, paku di dinding dalam posisi terbalik, dan kamu bisa menaruh handuk serta peralatan mandi di situ.

6. Rak multifungsi dari karton

Punya banyak kardus besar di rumah? Sulap kardus-kardus tersebut jadi lemari atau rak dinding. Kamu bisa meletakkan barang-barang kecil yang sering tersebar di seluruh rumah di dalamnya, membuat rumah jadi lebih rapi.

7. Lemari dari koran

Ya, koran pun bisa jadi lemari yang tak kalah berguna. Kamu perlu koran dalam jumlah yang banyak, lho. Caranya:

- Gulung koran-koran tersebut sampai seperti pipa panjang kecil, pakai beberapa koran sekaligus agar kokoh.
- Lubangi di bagian atas, tengah, dan bawah.
- Sambung setiap gulungan pakai kawat, bentuk menjadi lemari atau wadah ayng kamu inginkan, dan rekatkan pakai lem.
- Lapisi kain atau kertas kado agar tampilan cantik.

8. Meja dari pintu bekas

Kalau kamu punya banyak kayu sisa dan juga pintu usang yang tak terpakai di dalam gudangmu, keluarkan semuanya, dan daur ulang pintu tersebut menjadi meja.
Terimakasih sudah baca 8 Perabotan Rumah Buatan Sendiri untuk Menghemat Belanja dengan Url https://www.sebats.com/2015/08/8-perabotan-rumah-buatan-sendiri-untuk.html

Related Posts

8 Perabotan Rumah Buatan Sendiri untuk Menghemat Belanja -by 8/09/2015 06:29:00 PM
5/ 5stars